Skip to main content

CARA MINUM YANG SEHAT


Cara minum yang kurang tepat ditengarai dapat menimbulkan efek buruk
tersendiri bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah hepatitis. Dan
beberapa kebiasaan cara minum yang kerap kita jumpai ditengarai berpotensi
mengundang potensi itu.

Saatnya kita menyayangi tubuh kita dengan memperlakukannya dengan cara yang tepat dan menyehatkan. Jangan sampai resiko fatal menimpa tubuh kita hanya gara-gara cara minum yang salah.

Seperti halnya kebutuhan untuk makan, minum merupakan kebutuhan manusia yang tidak bisa ditawar-tawar. Setiap harinya, tidak boleh tidak, kita musti memenuhinya. Bukan karena aktifitas rutin semata, tapi lebih karena cairan merupakan unsur penting yang diperlukan tubuh. Pemberian cairan yang cukup akan membuat tubuh lebih nyaman dan "bersahabat".

Masalahnya, tidak jarang dari kita yang cenderung menganggap sepele dalam
hal cara meminum. Kadang kita melakukannya sambil berdiri, bahkan sambil
berjalan. Jika Anda selama ini punya kebiasaan cara minum demikian - dengan sambil berdiri, apalagi sambil berjalan, bersegeralah untuk menghentikan kebiasaan itu. Alihkan kebiasaan cara minum Anda seperti cara minum yang dilakukan Rasulullah Saw menurut majalah hidayah Juni 2005.

Berikut ini tips sehat yang diatawarkan. Dalam hal tata cara minum, yang tentunya berpengaruh positif bagi kesehatan.

Lakukan minum dengan duduk dan bertahap (tidak sekaligus)
Lakukan minum dengan duduk. Alias jangan sambil berdiri, apalagi berjalan.
Mengapa? Minum sambil berdiri bisa menimbulkan banyak bahaya, karena minum sambil berdiri mengakibatkan air yang kita minum tidak bisa mengalir secara optimal. Minum sambil berdiri membuat air yang kita minum tidak bisa
bertahan dalam lambung dengan tenang. Sehingga lever tidak dapat mensirkulasikannya ke seluruh organ tubuh dengan baik.

Selain cara minum dengan duduk, melakukan minum dengan cara bertahap (tidak sekaligus) juga ditengarai lebih banyak mendatangkan manfaat bagi kesehatan ketimbang melakukan minum dengan cara sekaligus. Dalam hal ini saat meneguk minuman pertama kali, uap yang berasal dari jantung dan lever orang yang minum naik ke atas karena masuknya air ke dalam tubuh. Sehingga uap panas itu secara alami terdesak ke luar. Sementara kalau seseorang meneguk minumannya sekaligus, maka turunnya air itu akan terjadi secara bersamaan dengan naiknya uap ke atas. Sehingga terjadi saling tolak menolak dan dorong mendorong.

Cara minum di atas juga ditengarai lebih aman akibatnya dan lebih aman dari
kemungkinan akibat penggempuran rasa haus secara spontan. Sebab penggempuran rasa haus secara spontan dikhawatirkan dapat memadamkan proses pembakaran alami karena kuatnya rasa dingin air tersebut. Atau setidaknya melemahkan proses tersebut sehingga mengakibatkan rusaknya proses metabolisme pada lambung dan lever.

Menurut sebuah riwayat melakukan minum dengan cara seperti menuang air
berpotensi timbulnya penyakit Hepatitis (sejenis penyakit pada lever/hati).
Berdasarkan eksperimen telah dibuktikan bahwa cara minum sekaligus yang
langsung menggempur hati bisa menyebabkan sakit atau memperlemah suhu panas alaminya. Penyebabnya adalah konfrontasi langsung dengan suhu panas tersebut akibat masuknya air dengan kuantitas tertentu. Berbeda halnya kalau air itu turun secara bertahap sedikit demi sedikit, konfrontasi itu tidak akan terjadi dan tidak akan memperlemah kondisi lever.

Akhirnya, sekali lagi, jangan sampai resiko fatal menimpa tubuh kita hanya
gara-gara cara minum yang salah. Wallahu a'lam bish-shawwab

Comments

Popular posts from this blog

SAN SHOU

Sanshou (orang Cina: 散手; pinyin: sǎ nshǒu; secara harfiah "bebas tangan") atau Sanda (orang Cina: 散打; pinyin: sǎ ndǎ; "perkelahian yang bebas secara" harfiah") modern Cina untuk memberikan pertempuran, self-penjagaan sistem, dan olahraga pertempuran. Tidak dilihat sebagai gaya mandiri, agak dianggap sebagai hanya sebagian sastra perang Cina saja dan biasanya diajar di cabang lain wushu. Masa Sanda mempunyai sejarah yang lebih panjang dan lebih umum lama. Sanshou adalah nama resmi yang diberikan kepada seni perang ketika diresmikan dan distandarisasi oleh pemerintah Cina. Terdiri dari beberapa aspek perkelahian sastra perang yang tradisional gaya di Cina, tetapi sebagian besar mendasarkan teori ilmiah yang efisiensi dalam pertempuran. Sanshou terdiri dari sastra perang Cina termasuk aspek pertempuran termasuk memukul dan bergulat. Turnamen Sanda ialah satu dua olahraga wushu disiplin yang diakui oleh International Wushu Federation. Sejarah Sanshou terlibat tidak

Matematika Langit VS Matematika Bumi

Kerja keras belum tentu produktif, lihat tukang becak, sungguh ia sudah kerja keras mengayuh becaknya hingga ngos-ngosan keringatan, tetapi hasilnya ternyata tidak memadai. Kerja cerdas lebih produktif, tidak terlalu keringatan tetapi hasilnya bisa jauh lebih banyak. Tetapi banyak juga orang yang sudah kerja cerdas,sudah menghasilkan begitu banyak, segala yang dibutuhkan sudah tersedia, ternyata hidupnya tidak tenang, gelisah dan ujung-ujungnya lari ke narkoba atau mendekam di penjara. Nah ada jenis kerja lain, yaitu kerja ikhlas. Dapat banyak alhamdulillah, dapat sedikit alhamdulillah, belum dapat,sabar dan berusaha lagi. Seberapapun yang diperoleh dari kerja keras,cerdas dan keikhlasannya, ia bisa menerimanya dengan senang hati karena ia menyadari bahwa wilayah manusia itu hanya berikhtiar, hanya berusaha, sedangkan tentang hasil, disitu ada tangan Tuhan. Ada orang sudah dapat banyak masih kurang dan hatinya gelisah, makan tak enak tidur tak nyenyak, dimusuhi orang banyak. Sementara

diet air

Detoks proses Proses detoksifikasi sendiri memang berliku. Ada lima tahapan yang berlangsung dalam 40 hari. Tahap pertama berlangsung selama dua hari. Pada tahap ini kadar gula darah turun sampai di bawah 70 mg/dl. Untuk kembali normal, glikogen dari lever diubah menjadi glukosa dan dilepaskan ke darah. Glikogen juga bisa diambil dari otot, yang berakibat tubuh menjadi lemas. Untuk menghemat energi maka Basal Metabolic Rate (BMR) turun sehingga denyut jantung melambat dan tekanan darah pun turun. Healing crisis   muncul pada tahap ini: sakit kepala, pusing, mual, nafas bau, mata berkabut, dan lidah terasa tebal. Tahap ini mungkin ditandai dengan rasa lapar yang sangat kuat. Tahap kedua yang berlangsung pada hari ketiga sampai hari ketujuh, tubuh sudah mulai menyesuaikan diri dengan kondisi puasa. Sistem pencernaan istirahat dan memusatkan energinya pada pembersihan dan penyembuhan. Lemak diurai untuk melepas gliserol yang akan diubah menjadi gliserol. Oskidasi lemak m